(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

Validasi dan Entry Data DTKS Non Program/Bansos

Admin dinsos | 16 Januari 2024 | 1606 kali

Validasi dan Entry Data DTKS Non Program/Bansos


#Dinsos_Hadir-GCT

Singaraja, 16 Januari 2024

"Demi menciptakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) bersih sesuai dengan kenyataan dilapangan dan program yang diluncurkan agar tepat sasaran. Maka dari itu pendamping PKH dan TKSK bisa memverifikasi DTKS Program atau Non Program dan menginput warga yang tercecer baik sudah masuk kedalam DTKS namun tidak masuk kedalam program ataupun belum masuk kedalam DTKS sama sekali. " Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, I Putu Kariaman Putra,S.Sos,MM dalam membuka pertemuan bersama pendamping PKH se-Kec. Buleleng dan Kordinator TKSK Kabupaten Buleleng, selasa (16/1). 


Bertempat diruang rapat kantor Dinas Sosial Kabupaten Buleleng pertemuan kali ini dalam rangka entry data hasil verifikasi kelayakan penerima program BPNT, PKH, dan DTKS non program/Bansos.


Lebih lanjut, Kadis Kariaman menyampaikan beberapa langkah untuk dilaksanakan guna mengurangi DTKS yang sementara masih terpantau over oleh pusdatin. 

"Langkah awal bisa membersihkan DTKS non program dengan betul-betul riil kondisi dilapangan, didalam prosses verifikasi sekaligus bisa mengajukan warga yang tercecer baik tidak masuk kedalam program ataupun belum masuk DTKS agar diajukan namun sesuai dengan kriteria, sehingga jika hal ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan konsisten maka di Kabupaten Buleleng DTKS memiliki data riil sesuai dengan angka kemiskinan ekstrem dan oleh pusdatin sendiri data kita tidak terlihat over".


"Kami berupaya maksimal selain menurunkan angka DTKS juga meminimalisir kecemburuan sosial kepada masyrakat, yang kerap menjadi bahan ketika tidak mendapatkan bantuan, nyatanya setelah di assement baik data dan kondisi dilapangan sesuai dengan kenyataan kriteria yang berlaku", tegas Kariaman.


Diharapkan langkah dan kerja sama bisa dilaksanakan dan ditingkatkan komitmen demi mencapai data yang bagus dan data program sesuai dengan kelayakan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Linjamsos, Pejabat Fungsional dan Plt Korkab PKH Kabupaten Buleleng. 


#Dinsos_Hadir-GCT