(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

Inovasi “Dinsos Bicara”Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik”

Admin dinsos | 05 Maret 2024 | 143 kali

Singaraja, Selasa 05 Maret 2024

Bertempat dihalaman depan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng,  melanjutkan trend inovasi unggulan Dinsos yakni  Dinsos Bicara, kali ini Luh Putu Sri Utami Dewi,SE selaku staff tenaga Non ASN di bidang Perlindungan jaminan sosial maju kedepan untuk memaparkan makalah tentang Strategi peningkatan kualitas pelayanan public.

 

Pelayanan Publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga Negara dan penduduk atas barang,jasa,dan atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Permasalahan yang dihadapi kualitas pelayanan yang rendah dan masih adanya korupsi dan praktik nepotisme. Solusinya dengan cara meningkatkan kualitas dan keprofesionalan Aparatur Pemerintah, Memberlakukan hukuman yang tegas bagi pelaku korupsi dan nepotisme.

Ide inovasi yang sangat mumpuni dikembangkan adalah, menggunakan Pelayanan Publik Berbasis Kepuasan Pelanggan yaitu mengadopsi pendekatan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan dalam penyediaan pelayanan publik. Misalnya melakukan Survei Kepuasan Pelanggan secara teratur dan menggunakan hasil survey tersebut untuk melakukan perbaikan dan peningkatan pelayanan. Kesimpulan Peningkatan pelayanan publik bukanlah tugas yang mudah dan membutuhkan komitmen serta kerjasama dari berbagai pihak. Namun dengan strategi yang tepat dan implementasi yang baik perbaikan pelayanan publik dapat tercapai dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.


Inovasi Dinsos Bicara ini adalah bertujuan untuk penguatan SDM ASN dan Non ASN di internal Dinsos Buleleng dengan kami memberikan kesempatan kepada setiap SDM baik ASN maupun Non ASN untuk membuat suatu makalah sekaligus memaparkan pada saat  pelaksanaan apel setiap hari kerja. Dengan tujuan memunculkan bibit-bibit SDM unggul, berkualitas, berkarya dan mampu berdaya saing untuk memajukan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng.

 

Harapan kedepan dengan adanya inovasi Dinsos Bicara ini dapat memunculkan SDM-SDM yang unggul, berkualitas dan berani tampil didepan umum sehingga Dinsos Buleleng mampu memunculkan Mutiara-mutiara unggul dan kualitas agar bisa memberikan pelayanan publik yang maksimal dan optimal kepada Masyarakat.

 

#Dinsos_Hadir

#Dinsos_Bicara