(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

MONUMEN PERJUANGAN CURA DHIRA WAHANA DAN PERJUANGAN PEMUDA DESA BUNGKULAN MELAWAN PENJAJAH

Admin dinsos | 20 September 2021 | 443 kali

#DINSOS_HADIR

 

Singaraja 20 - September - 2021

Kadis Sosial Kab. Buleleng I Putu Kariaman Putra, S. Sos, MM di Wakili oleh Ida Ayu Ketut Suryatini Kasi Kepahlawanan ,Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial Mencari Informasi langsung terkait Cura Dhira Wahana yang diterima langsung oleh Perbekel Desa Bungkulan I Ketut Kusuma Ardana, STP di Kantor Desa Bungkulan.

 

SEJARAH SINGKAT MONUMEN DAN PERJUANGAN PEMUDA BUNGKULAN.

Monumen Cura Dhira Wahana didirikan pada  tahun 5 Oktober 1985.

Perbekel Desa Bungkulan I Ketut Kusuma Ardana, STP menuturkan Sejarah singkat Monumen Cura Dhira Wahana di Desa Bngkulan pada Tahun 1942 terjadi perlawanan perjuangan rakyat oleh pemuda-pemuda Desa Bungkulan. tokoh-tokoh dari pada masyarakat di paksa untuk memberitahu keberadaan dimana persembunyian dari pejuang  yaitu pemuda-prmuda dari Desa Bungkulan.

Pemuda  Desa Bungkulan yang bersembunyi    di goa  di ketahui oleh pihak Jepang, akhirnya para pejuang yang bersrmbunyi di dalam goa di lempar granat oleh pihak Jepang, 5 Pahlawan yang gugur :

1. I Ketut Santia

2. I Ketut Sanggra

3. I Made Rai

4. I Ketut Sumarna

5. Dewa Made Suwela

Lokasi daripada Monumen sebenarnya bukan di tempat yang kini di dirikan, letak perjuangan yg dituturkan berada di sebuah tempat pembuangan air.

 

Dinsos Buleleng berharap nantinya agar masyarakat Buleleng bisa menanamkan nilai - nilai kepahlawanan agar nantinya bisa menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

 

#Dinsos_Hadir