(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

Inovasi “Dinsos Bicara”Program Keluarga Harapan (PKH)”

Admin dinsos | 14 Maret 2024 | 128 kali

Singaraja, Kamis 14 Maret 2024

Bertempat dihalaman depan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng,  melanjutkan trend inovasi unggulan Dinsos yakni  Dinsos Bicara, kali ini Putu Andika Andryawan,SE selaku staff tenaga Non ASN di bidang Perlindungan jaminan sosial maju kedepan untuk memaparkan tentang Program Keluarga Harapan (PKH).


Kemiskinan merupakan akar dan sumber permasalahan sosial yang dihadapi oleh masyarakat, untuk membantu dan mengurangi beban masyarakat Dinas Sosial melalui Kementerian Sosial RI membuat Program yaitu Program Keluarga Harapan (PKH). Dasar hukum Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 tantang Program Keluarga Harapan ( Permensos 1/2018 ). Permalsalahan yang dihadapi Terdapat data berganda dan data yang telah dihapus oleh petugas pendamping sosial kembali muncul ditahun berikutnya, Terdapat data yang berkaitan penerima bantuan iuran jaminan kesehatan nasional , PKH dan yang lainnya, kurang singkron antara lembaga satu dan lembaga lainnya Solusi yang perlu dilakukan Pendamping PKH, Pemerintah Desa , Kecamatan dan pihak Lainnya melakukan koordinasi, dan kolaborasi untuk optimalisasi upaya pennggulangan kemiskinan.

Inovasi Pendamping PKH Pemerintah Desa dan Kecamatan membuat basis data terpatu versi Pendamping PKH dan Desa, salah satunya dengan cara membuat perencanaan kegiatan pendataan desa ( dari sisi demografi, sosial,ekonomi dan budaya), membentuk Tim pendata verifikasi dan validasi data, melaksanakan kegiatan pendataan verifikasi dan validasi dan mensingkronisasi dengan sumber data yang sudah ada yaitu data kendudukan, BPS, JKN dan lainnya. Dari permasalahan Program Keluarga Harapan tersebut dapat disimpulkan bahwa Data yang benar dan akurat sangat diperlukan dalam penyaluran bantuan sosial sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penyaluran bantuan dan tepat sasaran.

Inovasi Dinsos Bicara ini adalah bertujuan untuk penguatan SDM ASN dan Non ASN di internal Dinsos Buleleng dengan kami memberikan kesempatan kepada setiap SDM baik ASN maupun Non ASN untuk membuat suatu makalah sekaligus memaparkan pada saat  pelaksanaan apel setiap hari kerja. Dengan tujuan memunculkan bibit-bibit SDM unggul, berkualitas, berkarya dan mampu berdaya saing untuk memajukan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng.


Harapan kedepan dengan adanya inovasi Dinsos Bicara ini dapat memunculkan SDM-SDM yang unggul, berkualitas dan berani tampil didepan umum sehingga Dinsos Buleleng mampu memunculkan Mutiara-mutiara unggul dan kualitas agar bisa memberikan pelayanan publik yang maksimal dan optimal kepada Masyarakat.

 

#Dinsos_Hadir

#Dinsos_Bicara