(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

Inovasi “Dinsos Bicara” Penanganan PMKS oleh Pekerja Sosial

Admin dinsos | 21 Februari 2024 | 118 kali

Singaraja, Rabu 21 Pebruari 2024

Bertempat dihalaman depan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng,  melanjutkan trend inovasi unggulan Dinsos yakni  Dinsos Bicara, Made Sudare,S.Sos selaku Pekerja Sosial Ahli pertama bidang Perlindungan jaminan sosial maju kedepan untuk memaparkan makalah tentang  Penanganan PMKS oleh pekerja sosial.

 

Pekerja sosial adalah serangkaian kegiatan pelayanan yang ditujukan untuk membantu individu, keluarga, kelompok, organisasi dan masyarakat yang membutuhkan atau mengalami permasalahan sosial. Langkah-langkah yang diambil sebagai pekerja sosial adalah melakukan pendekatan awal, melakukan assessment, pemecahan permasalahan, terminasi pemecahan masalah dan pembinaan lanjut. Permasalahan yang dihadapi data individu penyandang permasalahan kesejahteraan sosial belum optimal.

 

Solusi dalam menangani permasalahan data penyandang permasalahan kesejahteraan sosial belum optimal dengan cara membuat format data terkait data identitas dan masalah dihadapi dan membuat tim assessment yang memiliki kopetensi pekerja sosial. Inovasinya dengan membuat Google Form dalam mengelola data Client PMKS beserta laporan hasil asessmentnya. Kesimpulan bahwa pekerja sosial memiliki peranan dalam membantu memberikan pelayanan-pelayanan sosial kepada individu, kelompok, dan masyarakat yang mengalami hambatan sosial/keberfungsian sosialnya.

Inovasi Dinsos Bicara ini adalah bertujuan untuk penguatan SDM ASN dan Non ASN di internal Dinsos Buleleng dengan kami memberikan kesempatan kepada setiap SDM baik ASN maupun Non ASN untuk membuat suatu makalah sekaligus memaparkan pada saat  pelaksanaan apel setiap hari kerja. Dengan tujuan memunculkan bibit-bibit SDM unggul, berkualitas, berkarya dan mampu berdaya saing untuk memajukan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng.

 

Harapan kedepan dengan adanya inovasi Dinsos Bicara ini dapat memunculkan SDM-SDM yang unggul, berkualitas dan berani tampil didepan umum sehingga Dinsos Buleleng mampu memunculkan Mutiara-mutiara unggul dan kualitas agar bisa memberikan pelayanan publik yang maksimal dan optimal kepada Masyarakat.

 

#Dinsos_Hadir

#Dinsos_Bicara