(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

Inovasi“Dinsos Bicara”Sosialisasi Kebencanaan

Admin dinsos | 19 Maret 2024 | 93 kali

Inovasi“Dinsos Bicara”Sosialisasi Kebencanaan


Singaraja, Senin 19 Maret 2024

Bertempat dihalaman depan Kantor Dinas Sosial Buleleng, untuk menindaklanjuti arahan pimpinan pada kali ini pegawai paparkan trend inovasi unggulan Dinsos yakni 'Dinsos Bicara'. Pada hari ini Komang Ananda Kusuma selaku staff tenaga Non ASN di bidang Perlindungan Jaminan Sosial yang maju kedepan untuk memaparkan terkait Sosialisasi Kebencanaan.


Bencana Alam merupakan salah satu fenomena alam yang mengancam keberlangsungan hidup manusia. Serta dampak negatif yang ditimbulkan bisa berupa kerugian materi maupun non materi. Buleleng merupakan 1 diantara 8 Kabupaten yang termasuk rawan bencana, Bencana tersebut bisa dicontohkan seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi,Pohon Tumbang dan juga Kebakaran yang bisa diakibatkan alam maupun manusia itu sendiri.


Adapun dasar Hukum yang mendukung yaitu

Undang –undang no 24 tahun 2007 tentang penanggulangan Bencana, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia no 22 Tahun 2008 tentang Pendanaan dan Pengelolaan Bantuan Bencana, dan Peraturan Bupati Buleleng no 47 tahun 2007 tentang Pemberian Bantuan Korban Bencana Alam.


Dimana Inovasi yang dibawakan oleh Komang Nanda untuk memberikan Sosialisasi Kebencanaan kepada seluruh desa atau memberikan buku panduan sejenis artikel yang isinya beberapa lembar yang bisa dikirim melalui E-surat, terkait tentang pemahaman jenis jenis bencana dan jenis stok bantuan bencana yang ada di Dinas Sosial, guna nantinya agar sesuai yg diusulkan dengan yang diberikan agar sesuai dengan kriteria


Inovasi Dinsos Bicara ini ialah bertujuan penguatan SDM ASN dan Non ASN di internal Dinsos Buleleng serta memberikan kesempatan kepada setiap SDM baik ASN maupun Non ASN untuk membuat suatu makalah sekaligus memaparkan pada saat pelaksanaan apel setiap hari kerja. Untuk memunculkan bibit-bibit SDM yang unggul, berkualitas, berkarya dan mampu berdaya saing memajukan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng.


#Dinsos_Hadir

#Dinsos_Bicara