(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

Inovasi Dinsos Bicara

Admin dinsos | 12 Februari 2024 | 137 kali

Inovasi Dinsos Bicara "Program Keluarga Harapan".

 

Singaraja, Senin, 12 Februari 2024

Bertempat dihalaman depan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, melanjutkan trend inovasi unggulan Dinsos Buleleng yakni  Dinsos Bicara, Gusti Ayu Putu Novita Sari,SE,M.M selaku Penyuluh Sosial dengan memaparkan makalah tentang Program Keluarga Harapan (PKH).


Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program sosial yang memiliki peran penting dalam upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan sosial di masyarakat, dalam pelaksanaannya pendamping PKH memegang peran kunci dalam mendukung keluarga penerima manfaat PKH mencapai tujuan program tersebut


Dasar hukum program ini yaitu UU No.40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (JAMSOSNAS), Peraturan Menteri Sosial RI No.1 tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan. Dimana dasar hukum ini menganut dalam program bantuan sosial untuk masyarakat khususnya fakir miskin,kurang mampu,sampai dengan program lainnya secara tepat sasaran.


Permasalah yang dihadapi semua Desa/Kelurahan melaksanakan verifikasi data tersebut yang terkait dengan mekanisme pelaporan dari pendamping PKH yang selama ini pelaporan tersebut langsung terkirim ke Kemensos RI, sehingga Dinas Sosial Kabupaten Buleleng sebagai OPD pengampu tidak bisa mengakses secara langsung.

Solusi yang kami harapkan ialah SDM Pendamping PKH dapat kiranya membuat mekanisme pelaporan yang tepat dan mudah diakses oleh OPD Pengampu dalam hal ini Dinas Sosial Kabupaten Buleleng.


Inovasi kami dengan dapat membuat link 'Googke Drive' untuk pengelolaan pelaporan SDM PKH terkait tentang jumlah KPM aktif, tergraduasi, serta perkembangan kesejahteraan KPM pada umumnya.


Harapan kedepan dengan adanya inovasi 'Dinsos Bicara' ini dapat memunculkan ide dan gagasan untuk SDM yang unggul, berkualitas dan berani tampil didepan umum sehingga Dinsos Buleleng mampu memunculkan mutiara-mutiara unggul agar bisa memberikan pelayanan publik yang maksimal dan optimal kepada masyarakat khususnya di kabupaten buleleng 


#Dinsos_Hadir

#Dinsos_Bicara