(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

Kadis Sosial Menjadi Narasumber DTKS

Admin dinsos | 25 Maret 2024 | 91 kali

#Dinsos_Hadir-GCT,25 Maret 2024

Singaraja, Bertempat di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja Kadis Sosial Kabupaten Buleleng, I Putu Kariaman Putra,S.Sos,MM menghadiri kegiatan pertemuan rutin Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Buleleng.

Selain menghadiri giat tersebut Kadissos juga diminta untuk menjadi narasumber untuk menjelaskan mengenai Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Acara tersebut dibuka oleh Ny. Astriani Kariaman selaku Bidang Sosial, yang dihadiri oleh Ketua DWP Kabupaten Buleleng,Ny. Dewi Suyasa beserta jajaran.

Astiarni mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik yang terintegrasi dan terkoneksi hingga ke desa-desa khususnya dalam upaya pengentasan kemiskinan demi terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Buleleng dengan asas keadilan, keterbukaan, dan tepat sasaran.

Pada kegiatan tersebut Kadis Kariaman menyampaikan kepada seluruh undangan yang hadir bahwa sosialisasi ini dirasa sangat penting untuk kedepannya oleh karnanya DTKS menjadi tolak ukur data sebagai penopang terkonsep dan tersalurnya bantuan sosial yang direaliasikan.

“Pemutakhiran data DTKS tersebut Kemensos telah menyediakan aplikasi yang dinamai SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation). Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi yang diperuntukan dan bisa diakses disetiap desa maupun kelurahan,”ujaranya.

“Melalui aplikasi ini, semua bantuan sosial seperti PKH, BPNT, PBI dan bantuan lainnya bisa diakses oleh desa maupun kelurahan melalui operator SIKS-NG di masing-masing desa dan kelurahan itu sendiri”,imbuhnya.

Beliau juga sepenuhnya berharap dengan adanya sosialisasi kali ini kepada pemerintah desa/kelurahan agar lebih aktif dalam melaksanakan pengelolaan data baik itu pada saat verval kelayakan, pengusulan hingga perbaikan data anomali dan tentunya harus sesuai dengan kondisi riil di lapangan untuk mewujudkan data yang akurat dan akuntabel.

#Dinsos_Hadir-GCT