(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

"PENYALURAN BANTUAN BIBIT BABI DAN BANTU AN PERALATAN USAHA EKONOMI PRODUKTIF KEPADA PENYANDANG DISABILITAS DARI PROGRAM ASISTENSI KEMENSOS RI. BRSPDSRW "EFATA KUPANG"

Admin dinsos | 26 November 2021 | 214 kali

DINSOS HADIR

Jum'at, 26 November 2021

"PENYALURAN BANTUAN BIBIT BABI DAN BANTU AN PERALATAN USAHA  EKONOMI PRODUKTIF KEPADA PENYANDANG DISABILITAS  DARI PROGRAM ASISTENSI KEMENSOS RI. BRSPDSRW "EFATA KUPANG"

Penyaluran bibit babi kepada penyandang  disabilitas di wilayah Kabupaten Buleleng bersumber dari  Program Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui  Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara "Efata" Kupang. Total bibit babi yang disalurkan sebanyak 18 ekor. Selain bibit babi, dari pihak Efata juga memberikan bantuan  kepada penyandang disabilitas yang memiliki usaha, Pemenuhan hidup layak (sembako), alat sekolah, dagang gorengan, salon kecantikan,  pertanian, potong kayu, pertungkangan, dan las listrik. Total warga yang diberikan sebanyak 76 orang penyandang disabilitas. Program dari Efata tersebut adalah Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial berbasis keluarga, yang semenjak 6 bulan lalu sudah dilakukan assement dengan mengunjungi rumah calon penerima manfaat untuk mengetahui kebutuhan dan masalah yg dihadapi serta jenis bantuan yg tepat. 


 Kadis Sosial, I Putu Kariaman Putra,S.Sos,MM, yang memimpin penyaluran simbolis tersebut dan didampingi Perwakilan dari Supardi selaku Therapist Rungu Wicara di BRSPD.SRW Efata, Kabid Yanrehsos, Maman Wahyudi,S.Sos, serta TKSPD dan PD, seluruh Kasi Yanrehsos, yang bertempat di ruang rapat Dinsos. Pada kesempatan kali ini Kadissos menyampaikan, dinsos akan terus memberikan akses pelayanan seperti, sudah adanya sarana dan prasana akses kepada warga disabilitas dalam melakukan pengajuan atau pengaduan ke kantor. Dan juga memberikan pelatihan bimbingan teknis keahlian kepada warga disabilitas. 

 Ardi selaku BRSPDSRW Efata Kupang juga menyampaikan, pembukaan dan penyerahan bantuan asistensi rehabilitasi sosial berbasis keluarga berjalan dengan lancar dan kondusif, semoga kedepannya berjalan dengan continue dan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh warga disabilitas yang menerima bantuan. 

 Harapan dari penyaluran ini adalah sebagaimana mestinya bibit babi yang diberikan bisa di manfaatkan dan dipelihara semaksimal mungkin, agar kedepannya bibit ini bisa berkembang dengan bagus dan bisa diternakan hingga kemudian bisa menumbuh kembangkan ekonomi keluarga penerima manfaat setidaknya bisa meringankan beban penerima. Serta nantinya di Kabupaten Buleleng akan membangun tempat pelatihan massage dan barista di rumah dinas LBK Lovina khusus untuk warga disabilitas. 

DINSOS HADIR