(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

Inovasi “Dinsos Bicara”Penanganan Stunting”

Admin dinsos | 26 Februari 2024 | 263 kali

Singaraja, Senin 26 Pebruari 2024

Bertempat dihalaman depan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng,  melanjutkan trend inovasi unggulan Dinsos yakni  Dinsos Bicara, kali ini Luh Putu Argi selaku staff tenaga Non ASN di bidang Perlindungan jaminan sosial maju kedepan untuk memaparkan makalah tentang Penanganan Stunting.


Dinas Sosial memiliki peranan yang sangat penting dalam penanganan stunting karena stunting merupakan masalah kesehatan masyarakat yang tidak hanya berkaitan dengan aspek gizi, tetapi juga erat hubungannya dengan aspek sosial dan ekonomi. Beberapa permasalahan yang mungkin dihadapi oleh Dinas Sosial dalam upaya penanganan stunting adalah Data Keluarga beresiko stunting dan Anak stunting belum lengkap, Sinergitas OPD terkait belum optimal, Keterbatasan Sumber Daya Manusia. Solusi untuk meningkatkan peranannya dalam penanganan stunting seperti diperlukan upaya mendapatkan data stunting oleh OPD terkait, Kerja sama dengan OPD terkait, dengan data yang ada Dinas Sosial berperan memastikan keluarga dan untuk anak stunting mendapatkan program Perlindungan Sosial seperti KIS, PKH, dan bantuan sosial Program lainnya.

Beberapa inovasi yang dapat diterapkan oleh Dinas Sosial : Inovasi membuat laporan penanganan stunting melalui goegle form, Seperti Aplikasi Mobile untuk Pemantauan Pertumbuhan Anak, Kedua dengan pembelajaran Online dan Webinar : Dinas Sosial dapat menyelenggarakan program edukasi melalui pembelajaran online dan webinar. Kesimpulan Pentingnya kolaborasi multi sektor dan pemberdayaan masyarakat, khususnya perempuan, menjadi kunci untuk mencapai tujuan pencegahan stunting dan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak – anak secara optimal.

Inovasi Dinsos Bicara ini adalah bertujuan untuk penguatan SDM ASN dan Non ASN di internal Dinsos Buleleng dengan kami memberikan kesempatan kepada setiap SDM baik ASN maupun Non ASN untuk membuat suatu makalah sekaligus memaparkan pada saat  pelaksanaan apel setiap hari kerja. Dengan tujuan memunculkan bibit-bibit SDM unggul, berkualitas, berkarya dan mampu berdaya saing untuk memajukan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng.


Harapan kedepan dengan adanya inovasi Dinsos Bicara ini dapat memunculkan SDM-SDM yang unggul, berkualitas dan berani tampil didepan umum sehingga Dinsos Buleleng mampu memunculkan Mutiara-mutiara unggul dan kualitas agar bisa memberikan pelayanan publik yang maksimal dan optimal kepada Masyarakat.

 

#Dinsos_Hadir

#Dinsos_Bicara