(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

Atensi Penyandang Disabilitas dan Lansia Terlantar

Admin dinsos | 31 Januari 2024 | 254 kali

Atensi Penyandang Disabilitas dan Lansia Terlantar


Singaraja, 31 Januari 2024

#Dinsos_Hadir GCT

Penghujung bulan di awal tahun 2024 ini untuk mengupayakan kesejahteraan sosial di masyarakat Desa/Kelurahan khususnya untuk Penyandang Disabilitas maupun Fakir Miskin kali ini melalui Dinas Sosial Kabupaten Buleleng melakukan home visit langsung ke lapangan yang berlokasi di 2 desa berbeda di Kecamatan Gerokgak pada Rabu (31/1).


I Wayan Dana dan I Gede Suarka asal Banjar Dinas Tegal Sari Desa Sumberkima Kec. Gerokgak, merupakan kakak beradik yang mengalami gangguan mental sejak dari kecil, I Wayan Dana dulunya sempat bekerja mencari rongsokan keliling demi untuk mencukupi kebutuhan kesehariannya dan beberapa bulan lalu mengidap stroke yang mengakibatkan kedua kakinya tidak bisa berjalan seperti mana mestinya dan program yang sudah didapatkan keluarga tersebut ialah bantuan sosial berupa BPNT dan KIS APBD dan selanjutnya akan didorong untuk bantuan disabilitas khusus supaya mendapatkan program yang layak dan berkelanjutan 


Lokasi kedua masih di Desa Sumberkima Kec. Gerokgak Nur Arifin Lansia Terlantar usia sudah 82 tahun sebatang kara keluarganya saat ini tinggal diluar Bali dan mempunyai 2 anak, anak pertama sudah menikah bersama orang Bali dan sudah cerai kemudian yang kedua menikah dengan orang Jawa dan mempunyai 1 orang anak.


Nur Arifin tinggal di berbagai tempat di tetangganya dan rumah yang ia tinggali sudah agak roboh dan kesehariannya hanya bekerja sebagai tukang arit/buruh serabutan yang kerap disuruh tetangganya agar mendapat uang untuk menopang kebutuhan sehari-hari dan saat ini Nur Arifin ialah lansia tercecer atau belum masuk di DTKS serta belum pernah mendapatkan program bantuan dari Pemerintah. 


Dengan harapan kedepannya warga disabilitas DTKS non program maupun Fakir Miskin agar mendapatkan program dengan layak sesuai dengan segmen kriteria yang berlaku. Untuk langkah selanjutnya Nur Arifin akan di dorong  ke Panti Sosial Tresna Werda "Jara Mara Pati" yang berlokasi di Desa Kaliasem Kecamatan Banjar agar bisa mendapat penanganan khusus, kehidupan yang lebih layak dan berkelanjutan. 


#Dinsos_Hadir

#Puskesos GCT