(0362) 21248 dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial
BIOGRAFI KAPTEN I GEDE MUKA PANDAN PAHLAWAN NASIONAL BULELENG.
Admin dinsos | 19 Juli 2021 | Dibaca 37 kali

 

DINSOS_HADIR

Singaraja 19 Juli 2021

Kadis Sosial Kab. Buleleng I Putu Kariaman Putra, S. Sos, MM di Wakili oleh Ida Ayu Ketut Suryatini Kasi Kepahlawanan ,Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial Mencari Informasi langsung terkait Biografi Pahlawan Nasional Kapten I Gede Muka Pandan di kediaman  Made Ratna Dewi selaku cucu dari Kapten Muka yang  bertempat di Kel.Br Tegal Singaraja.

 

Biografi Singkat dari Kapten I Gede Muka Pandan.

Namanya telah diabadikan sebagai nama jalan Kapten Muka sebagai penghormatan dalam jasanya mengusir penjajah. Beliau lahir di Singaraja pada 1923 dan memasuki PETA (Pembela Tanah Air) di Banyumala, Singaraja, Buleleng.

Setelah lulus PETA  Kapten Muka di angkat menjadi Chudancho di Jembrana. Di sana dia mengadakan gerakan bawah tanah bersama para pejuang seperti I Gusti Ngurah Rai, Wijaya Kusuma, Kapten Sugianyar, dan Lainnya. Pada 31 Agustus 1945, Kapten Muka menjadi anggota Badan Keamanan Rakyat (BKR) bersama Mayor  I Made Putu, Kapten I Made Suwija, dan Anang Ramli.

Kapten Muka juga ikut melatih para pejuang kemerdekaan yang bermarkas di Asrama Nagio ( Pertanian) Beratan, Singaraja. Dia ikut memimpin Pertemuan dalam peristiwa 'Penurunan Bendera Belanda' di Pelabuhan Buleleng di Singaraja, 27 Oktober 1945. Kapten Muka akhirnya gugur dalam pertempuran tak seimbang melawan tentara NICA di Lorong Melati, Kelurahan Banjar Jawa Singaraja, 3 April 1946. Lorong Melati ketika mengalihkan perhatian tentara Belanda agar teman - teman seperjuangannya dapat meloloskan diri. kini di abadikan menjadi nama  Jalan Kapten Muka. 

 

Dinsos Buleleng berharap nantinya agar masyarakat Buleleng bisa menanamkan nilai - nilai kepahlawanan agar nantinya bisa menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

 

#Dinsos_Hadir

Share Berita Ini :