(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

Inovasi “Dinsos Bicara”Pelayanan JKN yang Efektif dan Tepat Sasaran”

Admin dinsos | 06 Maret 2024 | 467 kali

Singaraja, Rabu 06 Maret 2024

Bertempat dihalaman depan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng,  melanjutkan trend inovasi unggulan Dinsos yakni  Dinsos Bicara, kali ini Kadek Masdana Mahardika,S.Pd selaku staff tenaga Non ASN di bidang Perlindungan jaminan sosial maju kedepan untuk memaparkan makalah tentang Pelayanan JKN yang efektif dan tepat sasaran.

 

KIS adalah kartu identitas peserta Jaminan Kesehatan Nasional yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. JKN KIS dibagi menjadi 2 jenis yaitu PBI dan Non PBI. Dasar Hukum Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan Nasional. Permasalahan Data Peserta KIS yang didaftarkan masih ada ditemukan belum sesuai dengan data kependudukan seperti NIK tidak padan dukcapil, peserta bayi baru lahir yang umurnya sudah lebih dari 3 bulan dan ada yang belum melakukan perekaman E-KTP.

Solusi Mendorong Perbekel/Lurah untuk Memverifikasi dan Memvalidasi kelayakan, kepesertaan yang pindah, Meninggal dan tidak padan Dukcapil. Serta mensosialisasikan kepada warga masyarakat untuk rutin melakukan updating data kependudukan seperti bayi baru lahir yang umurnya sudah lebih dari 3 bulan. Inovasi Penginputan Usulan melaui Google Spreedsheet dimana dalam penggunaan sangat mudah di akses melalui website dan apabila terdapat kesalahan dalam penginputan bisa langsung diperbaiki tanpa harus menginput ulang lagi. Data yang sudah di input otomatis langsung bisa di proses oleh pihak BPJS Kesehatan dan hasil prosesnya juga bisa langsung diisi oleh pihak bpjs (gagal atau berhasil).

Inovasi Dinsos Bicara ini adalah bertujuan untuk penguatan SDM ASN dan Non ASN di internal Dinsos Buleleng dengan kami memberikan kesempatan kepada setiap SDM baik ASN maupun Non ASN untuk membuat suatu makalah sekaligus memaparkan pada saat  pelaksanaan apel setiap hari kerja. Dengan tujuan memunculkan bibit-bibit SDM unggul, berkualitas, berkarya dan mampu berdaya saing untuk memajukan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng.

Harapan kedepan dengan adanya inovasi Dinsos Bicara ini dapat memunculkan SDM-SDM yang unggul, berkualitas dan berani tampil didepan umum sehingga Dinsos Buleleng mampu memunculkan Mutiara-mutiara unggul dan kualitas agar bisa memberikan pelayanan publik yang maksimal dan optimal kepada Masyarakat.

 

#Dinsos_Hadir

#Dinsos_Bicara