(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

KADISSOS MENJADI NARASUMBER DALAM RAPAT PELAKSANAAN PROGRAM KEPESERTAAN BPJS

Admin dinsos | 01 Desember 2021 | 176 kali

DINSOS HADIR

Rabu, 1 Desember 2021

"KADISSOS MENJADI NARASUMBER DALAM RAPAT PELAKSANAAN PROGRAM KEPESERTAAN BPJS"

Rapat yang dilaksanakan secara Virtual Zoom Meeting tersebut, dalam rangka menyamakan presepsi terhadap pelaksanaan program kepesertaan BPJS Kesehatan pada perusahaan se-Kab. Buleleng, khusunya bagi pekerja yang ada pada perusahaan. Sinergitas antara Dinsos, Disnaker, Disdukcapil, Dinas Perdagangan dan Koperasi UMKM, dan BPJS Kesehatan Cabang Buleleng, dalam rapat tersebut dimana saling sharing yang bertujuan menyamakan presepsi keikutsertaan Bpjs Kesehatan sesuai dengan segmentnya.

 

Kadis Sosial, I Putu Kariaman Putra,S.Sos,MM, yang menjadi Narasumber dalam rapat tersebut memaparkan materi yang berjudul Layanan JKN yang tepat sasaran untuk mewujudkan Buleleng Sejahtera, menyampaikan, Kepesertaan masyarakat miskin/tidak mampu harus difasilitasi kepesertaannya oleh Pemerintah baik Pemerintah Pusat maupun Daerah. Koordinasi dan konsolidasi dengan pihak terkait untuk perbaikan data JKN APBD adalah yang terpenting. Lalu, mengusulkan penonaktifan peserta yang tidak sesuai dengan ketentuan ke BPJD Kesehatan Cabang Singaraja yang menjadi solusi.

 

Kemudian, dari Dinsos sendiri sudah bersurat ke semua Desa/Kelurahan Se-Kab. Buleleng, yang dapat diajukan kepesertaan KIS APBD adalah yang sudah melalui Musdes/Muskel. Dari Musdes/Muskel inilah untuk kelayakan KIS dan DTKS, sehingga perlu di validasi kelayakannya. Karena permasalahan yang ditemui saat ini adalah masih banyak Data Peserta KIS yang belum sesuai dengan data kependudukan Disdukcapil, masih ada peserta KIS yang belum terdaftar DTKS, dan juga kepesertan segmennya tidak sesuai dengan kriteria.

 

Harapan dari kegiatan tersebut, semoga nantinya sinergitas yang dijalin bisa benar-benar menyamakan satu presepsi dalam  keikutsertaan BPJS Kesehatan se-Kab. Buleleng, dan bisa membangun tujuan yang sama dalam kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

DINSOS HADIR