(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

Inovasi“Dinsos Bicara” Fasilitasi Program Keluarga Harapan

Admin dinsos | 20 Maret 2024 | 89 kali

Singaraja, Rabu 20 Maret 2024

Bertempat dihalaman depan Kantor Dinas Sosial Buleleng, untuk menindaklanjuti arahan pimpinan pada kali ini pegawai paparkan trend inovasi unggulan Dinsos yakni 'Dinsos Bicara'. Pada hari ini Ketut Widya Putra selaku staff tenaga Non ASN di bidang Perlindungan Jaminan Sosial yang maju kedepan untuk memaparkan terkait Fasilitasi Program keluarga harapan.

Program Keluarga Harapan ( PKH ) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin ataupun rentan yang tentunya ada di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Permasalahan yang dihadapi Masih rendahnya pemahaman masyarakat tentang program keluarga harapan (PKH) baik dari perngkat Desa/ Kelurhan, Masih adanya KPM yang belum Valid Data Kependudukannya dengan data di Aplikasi Siks-Ng.

Solusi pemecahan masalah Melakukan Sosialisasi tentang Program Keluarga Harapan (PKH) kepada Masyarakat,Perangkat Desa/ Kelurahan dengan melibatkan organisasi Karang Taruna setempat untuk pemahaman Program Keluarga Harapan. Inovasi Membuat Media Sosialisasi melalui media Sosial untuk menyebarkan informasi secara luas dan menjangkau lebih banyak orang dan Mebuat Brosur atau Leaflet yang bisa diberikan kepada pemerintahan Desa/ Kelurahan untuk informasi kepada masyarakatnya.

Dimana Inovasi yang dibawakan oleh Komang Nanda untuk memberikan Sosialisasi Kebencanaan kepada seluruh desa atau memberikan buku panduan sejenis artikel yang isinya beberapa lembar yang bisa dikirim melalui E-surat, terkait tentang pemahaman jenis jenis bencana dan jenis stok bantuan bencana yang ada di Dinas Sosial, guna nantinya agar sesuai yg diusulkan dengan yang diberikan agar sesuai dengan kriteria

Inovasi Dinsos Bicara ini ialah bertujuan penguatan SDM ASN dan Non ASN di internal Dinsos Buleleng serta memberikan kesempatan kepada setiap SDM baik ASN maupun Non ASN untuk membuat suatu makalah sekaligus memaparkan pada saat pelaksanaan apel setiap hari kerja. Untuk memunculkan bibit-bibit SDM yang unggul, berkualitas, berkarya dan mampu berdaya saing memajukan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng.

#Dinsos_Hadir

#Dinsos_Bicara