(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

PJ Bupati Buleleng Salurkan Bantuan Pasca Bencana Alam Di Desa Kalibukbuk

Admin dinsos | 17 Maret 2024 | 139 kali

PJ Bupati Buleleng Salurkan Bantuan Pasca Bencana Alam Di Desa Kalibukbuk


#Dinsos_Hadir-GCT, 17 Maret 2024

Singaraja, Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana di Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng. Sepekan terakhir hujan deras disertai angin kencang mengguyur wilayah Kabupaten Buleleng, sehingganya mengakibatkan bencana yang menganggu aktifitas keseharian yang terdampak. 


Salah satunya adalah Desa Kalibukbuk yang 2 Dusunnya terdampak bencana banjir dan angin kencang. Dari bencana tersebut menurut laporan Perbekel Desa Kalibukbuk Ketut Suka menerangkan ada sebanyak 72 KK yang mengalami dampak, diantaranya 60 KK rumah terendam banjir dengan kategori bencana sedang di Bd Kalibukbuk serta 12 KK terdampak akibat banjir dan angin kencang dengan kategori bencana berat di Bd Celukbukuh (pesisir pantai). 

"Ada 2 dusun yang terdampak bencana yakni di Dusun Kalibukbuk dan Celukbuluh, sehingga hal ini sangat menganggu aktifitas keseharian warga kami, namun beruntung hingga saat ini tidak ada korban yang merenggang akibat dampak bencana tersebut".


Bertempat di rumah Ketua RT 15 Bd Kalibukbuk, Penyaluran bantuan disalurkan secara simbolis oleh PJ Bupati, didampingi Kapolres Buleleng, Kadis PUPR, Kadis Sosial Kabupaten Buleleng dalam hal ini diwakili oleh Sekdissos, Camat Buleleng dan Perbekel Desa Kalibukbuk. Bantuan yang diberikan meliputi paket sembako, selimut, makanan siap saji, falbet, foodware, kid ware,peralatan dapur dan terpal. 


Dari peristiwa saat ini, PJ Bupati Buleleng menyebut Dinsos Sosial saat ini mengirimkan bantuan di Desa Kalibukbuk sebanyak 72 Keluarga korban terdampak banjir.

"Kita ada beberapa titik wilayah yang terdampak bencana, setelah penyaluran hari ini di Desa Kalibukbuk, kita selanjutnya penyaluran ke titik berikutnya," kata Lihadnyana, Minggu (17/3/2024).


Lihadnyana menuturkan untuk bantuan pembangunan infrastruktur atau perbaikan-perbaikan sarana umum, nantinya dilakukan oleh dinas lain yang terkait.

"Tak hanya pangan, kita juga membantu sandang juga. Kalau bantuan lainnya seperti rumah yang rusak atau fasilitas umum seperti jalan dan jembatan sudah ada dinas-dinas terkait yang mendata dan menindaklanjuti kerusakan itu. Tentu nantinya komunikasi dan sinergitas diperlukan kepada Pemprov Bali untuk hal yang lebih spesifik," lanjutnya.


Kedepannya arahan PJ Bupati Buleleng dalam jangka pendek Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas PUPR Kabupaten Buleleng dan stakeholder terkait akan menurunkan alat berat untuk membersihkan gorong-gorong yang tersumbat lumpur atau sampah, dengan harapan ini bencana menjadi yang terkahir. 


Dalam penyaluran tersebut hadir pula, Kabag Prokom, Pejabat Struktural lingkup Dinsos Buleleng, Tim Tagana,  Tokoh Masyarakat dan Aparat Desa setempat. 


#Dinsos_Hadir-GCT