(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

MONUMEN ISTA YUDHA PALAPA PERJUANGAN RAKYAT DESA PENUKTUKAN BULELENG.

Admin dinsos | 29 November 2021 | 453 kali

DINSOS_HADIR

 

Singaraja 29- November- 2021

Kadis Sosial Kab. Buleleng I Putu Kariaman Putra, S. Sos, MM di Wakili oleh Kepala Bidang Perlindungan Jaminan  Sosial Yayan Sutrisna S.Sos Mencari Informasi langsung terkait Sejarah Monumen Perjuangan Rakyat Desa Penuktukan  diterima langsung oleh Perbekel Desa Penuktukan I Gede Maduarta, Wayan Suwanda, B.A selaku tokoh pejuang yang masih hidup sampe saat ini dan sebagai Ketua Legiun Veteran Kab. Buleleng beserta  I Wayan Kuriana Saudara dari pejuang yang Gugur.

Sejarah Singkat Monumen Ista Yudha Palapa Perjuangan Rakyat Desa Penuktukan.

Monumen Ista Yudha Palapa yang berarti semangat perjuangan saat pertempuran didirikan pada Tahun 2019 yang setelah di Revitalisasi oleh kantor Desa yang bertujuan untuk mengenang / memperingati terjadinya  pertempuran 23 Mei 1946 perjuangan rakyat Desa Penuktukan yang pada waktu itu telah Gugur pejuang yang bernama I Nengah Nagi.

Di awali dari pertempuran rakyat Desa Bondalem yang mempertahankan kemerdekaan dari tentara Nica, pemuda gabungan dari Desa Les, Penuktukan Dan Desa Bondalem bersatu menghadang pasukan Nica yang ingin menguasai daerah Buleleng timur. Pertempuran Desa Bondalem mengakibatkan 29 pejuang Gugur di medan pertempuran, setelah pertempuran di Desa Bondalem Nica kembali berpatroli ke arah timur menuju Kab. Karang Asem. Tanggal 23 Mei 1946 pejuang yang di pimpin oleh Letnan Nengah Malaya di ikuti oleh Wayan Suwanda dan dari pemuda-pemuda Desa Penuktukan menghadang dengan membuat jebak- jebakan di area yang akan di lalui oleh tentara Nica. Tetapi apa yang di rencanakan oleh pejuang meleset kemudian para Pejuang kembali ke markas yg berada di Desa, tiba - tiba tanpa sepengetahuan para pejuang tentara Nica menyerbu /mengepung Desa lalu membakar mempora -porakan rumah yg ada di Desa, salah satu dari banyak pejuang di Desa yang bernama I Nengah Nagi Gugur ditembaki oleh tentara Nica di sebuah kandang sapi.

 

Dinsos Buleleng berharap nantinya agar masyarakat Buleleng bisa menanamkan nilai - nilai kepahlawanan agar nantinya bisa menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

#komisiinformasibali

#Dinsos_Hadir