(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

Penyaluran BSU Tahap Akhir di Dua Kec.Banjar dan Tejakula

Admin dinsos | 19 Desember 2023 | 3471 kali

Penyaluran BSU Tahap Akhir di Dua Kec.Banjar dan Tejakula


Dinsos Hadir GCT

Singaraja, 19 Desember 2023

Menindak lanjuti arahan Pj. Bupati Buleleng dalam upaya mengentaskan kemiskinan  Pemerintah Kabupaten Buleleng telah melaksanakan berbagai program dan kegiatan salah satunya melalui Dinas Sosial dengan mengucurkan program Bantuan Sosial Uang (BSU) yang bersumber dari APBD Buleleng untuk  membantu Penyandang Disabilitas  kurang mampu yang belum  mendapatkan program bantuan sosial  dan Masyarakat kategori miskin ekstrem  yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).


Bantuan yang diberikan berupa uang total berjumlah  Rp. 3.600.000,-  (tiga juta enam ratus ribu  rupiah)  diberikan bertahap Rp. 450.000,- per bulan selama 8 bulan, mulai bulan Mei hingga Desember tahun 2023.  Dana BSU yang cair saat ini yakni untuk 2 bulan, periode November dan Desember 2023.


Kadis Sosial I Putu Kariaman Putra secara langsung ke lokasi guna memantau kelancaran penyaluran BSU Penyandang Disabilitas dan Kategori Kemiskinan Ekstrem Tahap akhir hari ini yang dimana Pencairan BSU Tahap 4 (empat) dilaksanakan di 2 kecamatan yaitu Kecamatan Banjar dan Kecamatan Tejakula. 


Total untuk Kecamatan Banjar Penerima Manfaat BSU Penyandang Disabilitas 162 orang dan BSU Kategori Kemiskinan Ekstrem 62 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sedangkan Total untuk Kecamatan Tejakula penerima BSU Penyandang Disabilitas 76 orang dan BSU Kategori Kemiskinan Ekstrem 32 KPM. 


Pencairan bantuan BSU dilaksanakan agar dapat membantu masyarakat kurang mampu memenuhi kebutuhan dasar apalagi menjelang Hari Raya Pagerwesi, Natal dan Tahun Baru. 


Pelaksanaan Pencairan BSU dengan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Buleleng dengan PT. Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Singaraja dan Seririt.


Untuk Kecamatan Banjar pencairan bantuan dipusatkan di 2 ( dua) tempat yakni Kantor Desa Banjar Tegeha dan wantilan Desa Gobleg, serta untuk di Kecamatan Tejakula dipusatkan di 3 (tiga) tempat yakni di Kantor Desa Julah, Kantor Desa Tejakula dan di Kantor Desa Sambirenteng. 


Dengan program BSU ini  diharapkan pengentasan kemiskinan di Buleleng  dapat lebih cepat tercapai, serta masyarakat lebih sejahtera. 


Dinsos Hadir GCT