(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

Inovasi “Dinsos Bicara” Pengelolaan Data”

Admin dinsos | 07 Februari 2024 | 162 kali

Inovasi “Dinsos Bicara” Pengelolaan Data”

 

Singaraja, Rabu 07 Pebruari 2024

Bertempat dihalaman depan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng,  melanjutkan trend inovasi unggulan Dinsos yakni  Dinsos Bicara, Dra. Yanti Rohayati selaku penyuluh sosial ahli muda subtansi pengelolaan data dan informasi kesejahteraan sosial maju kedepan untuk memaparkan makalah tentang  Pengelolaan Data.


Data adalah sekumpulan keterangan ataupun fakta yang dibuat dengan kata-kata, kalimat, simbol, angka dan lainnya. Data didapatkan melalui sebuah proses pencarian dan juga pengamatan yang tepat berdasarkan sumber-sumber tertentu. Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS ) merupakan data induk yang berisi data pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan dan pemberdayaan sosial serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial.

Permasalah yang dihadapi semua Desa/Kelurahan melaksanakan update data DTKS dan PMKS, kedua Perlu peningkatan kemampuan dan kemauan penginput data ( operator Desa/Kelurahan) karena penginputan dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari tingkat Desa/kelurahan. Solusinya perlu melakukan pemutahiran data secara terus menerus sesuai regulasi, operator Desa/kelurahan harus memiliki kemauan untuk mengimput hasil verifali setiap ada mutasi secara rutin sesuai dengan regulasi yang ada.


Inovasi kami setiap ada verifali DTKS diinput menggunakan Aplikasi yang ada melalui link-link yang dibuat sesuai kebutuhan dan kedua dengan melakukan penguatan SDM melalui Zoom Metting serta menerima konsultasi langsung operator Desa/Kelurahan.

Ide inovasi dengan membuat tambahan menu khusus pada Aplikasi Puskesos GCT, dengan menambah menu produk-produk layanan yang ada di Dinas Sosial Kab.Buleleng. Kesimpulan mengoptimalkan media informasi untuk memberikan informasi terkait produk-produk layanan, SOP dan Program inovasi yang ada di Dinsos Buleleng.


Inovasi Dinsos Bicara ini adalah bertujuan untuk penguatan SDM ASN dan Non ASN di internal Dinsos Buleleng dengan kami memberikan kesempatan kepada setiap SDM baik ASN maupun Non ASN untuk membuat suatu makalah sekaligus memaparkan pada saat  pelaksanaan apel setiap hari kerja. Dengan tujuan memunculkan bibit-bibit SDM unggul, berkualitas, berkarya dan mampu berdaya saing untuk memajukan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng.


Harapan kedepan dengan adanya inovasi Dinsos Bicara ini dapat memunculkan SDM-SDM yang unggul, berkualitas dan berani tampil didepan umum sehingga Dinsos Buleleng mampu memunculkan Mutiara-mutiara unggul dan kualitas agar bisa memberikan pelayanan publik yang maksimal dan optimal kepada Masyarakat.


#Dinsos_Hadir

#Dinsos_Bicara