(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

TINGKAT KELAYAKAN PENERIMA BANSOS MELALUI MUSDES DALAM DIALOG INTERAKTIF

Admin dinsos | 11 Januari 2022 | 366 kali

DINSOS HADIR

Selasa, 11 Januari 2022

TINGKAT KELAYAKAN PENERIMA BANSOS MELALUI MUSDES DALAM DIALOG INTERAKTIF 

Kadis Sosial, I Putu Kariaman Putra,S.Sos,MM,  menjadi narasumber dalam Dialog Interaktif Lintas Singaraja Pagi di RRI Pro I Singaraja bersama Riskha selaku host. 

Dalam hal ini Kadissos membuka dialog interaktif  beliau menyampaikan, Dinsos Buleleng selalu bersinergi dengan segala pihak salah satunya pemerintah desa dalam penyaluran program-program bantuan Kabupaten, Provinsi,maupun Kemensos RI termasuk Dinas terkait. Sehingga sinergitas ini dijalin, karena desa adalah menjadi sumber data untuk penerimaan bansos melalui musyawarah desa. Setahun 2021 kemarin program bansos PKH menjadi contoh dalam penyaluran bansos yang  sudah terlaksana. Pilar-pilar Sosial yang ada disetiap Desa dan Kecamatan juga terus re update data sesuai dengan data  valid setelah musdes dan kemudian dilaporkan ke Dinsos ataupun Kemensos. Ini adalah bentuk penguatan sdm dalam bekesinambungan tupoksi yang dijalankan sesuai dengan amanah telah ditentukan. Juga data yang diperlukan menjadi salah satu faktor dalam syarat penerimaan program bantuan-bantuan. 

Selain itu Dinsos Buleleng, di awal tahun 2022 ini kami sudah mengumpulkan Kepala Desa di setiap Kecamatannya, mengawal dan mendampingi musdes yang terlaksana, sosialisasi kepada Kepala Desa yang baru, tujuannya adalah selain sosialisasi untuk menghasilkan data yang valid juga secara terus menerus meningkatkan kekuatan sdm atas sinergitas yang terjalin. Dan tidak luput juga dalam hal terkait program bantuan serta Jaminan Kesehatan KIS untuk warga yang melakukan. 

Jadi harapannya bentuk sinergitas tersebut bisa dilaksanakan dalam upaya menekan kecenderungan masyarakat terkait kurangnya informasi yang dijalin. Disetiap Kantor Desa juga sudah tersedia inovasi Dinsos Buleleng yakni PUSKESOS, yang dimana fungsi PUSKESOS ini menjadi wadah bagian penampungan keluhan terhadap masyrakat yang ingin menanyakan program bantuan atau KISnya yang menjadi kendala. Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial bisa diharapkan secara seksama mengikuti prosedur yang sudsh ditetapkan, ke Kantor Desa bisa menanyakan hal-hal kesejahteraan di PUSKESOS dan bisa juga langsung datang ke Kantor Dinsos melalui SLRT ( Sistem Layanan Rujukan Terpadu ) yang menjadi gerbang awal menerima aduan masyarakat. 

Dengan adanya ini semoga seluruh masyarakat dan hal yang terkait bisa secara seksama bersama-sama membangun rasa gotong royong dalam prihal masalah kesejahteraan sosial. 

DINSOS HADIR