(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

Atensi Fakir Miskin dan Berita Viral

Admin dinsos | 11 Januari 2024 | 558 kali

Atensi Fakir Miskin dan Berita Viral


#Dinsos_hadir 

Singaraja, 11 Januari 2024

Untuk menanggulangi permasalahan Kesejahteraan Sosial khususnya di masyarakat dalam hal ini Kepala Dinas Dinas Sosial Kabupaten Buleleng I Putu Kariaman Putra didampingi Kabid Rehsos Maman Wahyudi bersama Perbekel beserta Staf, Korcam PKH, dan Pendamping PKH Desa setempat melakukan assesment & home visit ke rumah warga fakir miskin di Desa Sanggalangit Kec.Gerokgak dan Berita Viral di Media Sosial (Medsos) di Desa Tinggarsari Kec.Busungbiu Kamis (11/1).


Kepala Dinas Sosial Buleleng, I Putu Kariaman bersama jajaran lainnya secara langsung berkunjung yakni di lokasi pertama warga lumpuh atas nama I Nyoman Sujana berumur 55 tahun yang beralamat di Desa Sanggalangit dengan kesehariannya hanya berbaring ditempat tidur dengan kedua kaki tidak dapat bergerak, sebelumnya yang bersangkutan dapat operasi di RS Sanglah dengan permasalahan pada tukang ekor sejak 9 tahun lalu lamanya. Pekerjaan sebelumnya sebagai Petani mempunyai anak 1 yang bekerja di Kantor PDAM Cabang Seririt yang bersangkutan juga tinggal bersama sang istri saja, Istrinya pun hanya bekerja sebagai pedagang dengan tidak mempunyai asett apapun. Saat ini yang bersangkutan programnya masih Non DTKS serta KIS Mandiri menunggak sudah lama. 


Berlanjut ke Lokasi 2 melakukan home visit ke salah satu warga Tuna Netra (low vision) dengan pekerjaan kesehariannya hanya sebagai buruh serabutan dengan mempunyai jarak panjang dari 5-15 Meter saja dan mempunyai anak yang masih duduk di bangku SMP di salah satu sekolah Kecamatan Gerokgak yang bersangkutan juga sebelumnya sudah mendapatkan bantuan BPNT dan PKH akan tetapi sekarang sudah diatensi untuk program lain kedepannya.


Untuk itu dilokasi ke 3 berkunjung ke rumah warga fakir miskin atas nama I Putu Artawan berumur 34 tahun dan yang bersangkutan  mempunyai 2 orang anak dengan kondisi rumah jauh dari kata layak dan sangat memperihatinkan dengan beralaskan hanya tikar pada saat tidur dan tidak mempunyai kamar mandi dengan keseharian suaminya bekerja sebagai kuli bangunan lepas dengan porogram yang didapatkan akan terus diatensi dan berkelanjutan nantinya.


Dilokasi terakhir atensi warga viral di media sosial (medsos) di Desa Tinggarsari Kec.Busungbiu dengan kondisi tuna netra sudah 5 tahun lalu dan sebelumnya dapat berobat alternatif dan mempunyai 2 seorang anak yang masih sekolah dan aset tidak milik sendiri (nyakap) serta kondisi rumah hanya beralaskan bambu dan tembok yang sudah keropos. Yang bersangkutan sudah menerima bantuan seperti BLT, BST Pusat, DTKS, dan KIS APBD Aktif, serta orang tua mendapat bantuan UEP Berapa ternak Bibit Babi.


Dengan harapan kedepan warga masyarakat khususnya di kabupaten buleleng bisa tersentuh program baik itu kesehatan, pendidikan,serta program jangka panjang untuk masyarakat fakir miskin, kurang mampu, dan disabilitas secara tepat sasaran


#Dinsos_hadir

#Puskesos GCT