(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

Inovasi “Dinsos Bicara”Pengelolaan Data Menggunakan Google Drive”

Admin dinsos | 04 Maret 2024 | 121 kali

Singaraja, Senin 04 Maret 2024

Bertempat dihalaman depan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng,  melanjutkan trend inovasi unggulan Dinsos yakni  Dinsos Bicara, kali ini Putu Dian Widya Saputri selaku staff tenaga Non ASN di bidang Perlindungan jaminan sosial maju kedepan untuk memaparkan makalah tentang Pengelolaan data menggunakan Google Drive.


Pengelolaan Data yaitu proses mengubah data mentah menjadi data/informasi yang berguna dan mudah diterima. Dasar Hukum Peraturan Menteri Sosial Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Permasalahan yang sering dihadapi dalam pengelolaan data yaitu : Dalam pengelolaan data pasti sering terjadi kesalahan/ kekeliruan dalam menginput / mengaksesnya dan sulitnya mencari data yang lama jika suatu saat diminta/diperlukan. Solusi dari permasalahan diatas yaitu dengan cara menggunakan google drive dalam hal pengelolaan data untuk mengarsip berbagai data yang ada. Karena jika menggunakan google drive data yang kita simpan di google drive bisa kita akses kapanpun dengan mudah dengan hanya mengetik judul yang kita pakai maka semua data akan terakses/muncul sesuai judul yang kita pakai.

Inovasi dari permasalahan diatas yaitu penggunaan aplikasi google drive dalam hal pengelolaan data mengarsip berbagai data atau dokumen penting yang mungkin akan diperlukan sewaktu-waktu sehingga dapat menghemat dan efesien waktu dalam pencarian data. Jadi dapat di simpulkan bahwa pengelolaan data menggunakan google drive akan lebih membantu dalam mengarsip berbagai data-data yang mungkin penting bagi kita agar pada saat mengakses/mencari lebih mudah dan cepat jika diperlukan

Inovasi Dinsos Bicara ini adalah bertujuan untuk penguatan SDM ASN dan Non ASN di internal Dinsos Buleleng dengan kami memberikan kesempatan kepada setiap SDM baik ASN maupun Non ASN untuk membuat suatu makalah sekaligus memaparkan pada saat  pelaksanaan apel setiap hari kerja. Dengan tujuan memunculkan bibit-bibit SDM unggul, berkualitas, berkarya dan mampu berdaya saing untuk memajukan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng.


Harapan kedepan dengan adanya inovasi Dinsos Bicara ini dapat memunculkan SDM-SDM yang unggul, berkualitas dan berani tampil didepan umum sehingga Dinsos Buleleng mampu memunculkan Mutiara-mutiara unggul dan kualitas agar bisa memberikan pelayanan publik yang maksimal dan optimal kepada Masyarakat.

 

#Dinsos_Hadir

#Dinsos_Bicara