(0362) 21248 dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial
BIOGRAFI LETKOL I GUSTI PUTU WISNU PUTRA BULELENG PAHLAWAN NASIONAL
Admin dinsos | 26 Juli 2021 | Dibaca 57 kali

#DINSOS_HADIR

Sing huaraja 26 - Juli - 2021

Kadis Sosial Kab. Buleleng I Putu Kariaman Putra, S. Sos, MM di Wakili oleh Ida Ayu Ketut Suryatini Kasi Kepahlawanan ,Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial Mencari Informasi langsung terkait Biografi Pahlawan Nasional Letkol I Gusti Putu Wisnu  di kediaman  Gusti Ayu Rai Sukerti  istri dari soudara  dari Letkol I Gusti Putu Wisnu yang  bertempat di Kel.Br Penataran Singaraja.

 

Biografi Singkat dari Letkol I Gusti Putu Wisnu.

Namanya telah diabadikan sebagai nama 

sebuah bandara di Bali Utara , di Geroggak, Buleleng.

I Gusti Putu Wisnu dilahirkan di Kelungkung pada tahun 1919 dari pasangan I Gusti Nyoman Oka dan I Gusti Ayu Raka yang menetap di banjar Penataran, Singaraja dan melahirkan I Gusti Putu Wisnu.

I Gusti Putu Wisnu menikah dengan Ida Ayu Made Oka yang berasal dari Geriya Wanayu

, Gianyar mereka melangsungkan pernikahan pada tahun 1943. Pada awal tahun 1944 I Gusti Putu Wisnu mendaftarkan diri menjadi Tentara Pembela Tanah Air (PETA) dan mengikuti pendidikan di Banyumala, Singaraja selama 3 bulan. Setelah tamat pendidikan PETA di tugaskan di Kediri, Tabanan sambil mengadakan pertemuan - pertemuan rahasia dengan teman-teman seperjuangan untuk menggalang gerakan bawah tanah.

Pendidikan I Gusti Putu Wisnu di mulai dari Holandsche Inlandsh School (HIS), Pada tahun 1926 di Klungkung. dan tamat pada tahun 1933 setelah menamatkan HIS melanjutkan sekolah di Meer Vitgebried Leger Ondeviwijs (MULO) di Malang, Jawa Timur hanya sampai kelas tiga saja, karena pada tahun 1936 di panggil pulang karena ibunya meninggal dunia pada tahun 1936.

Tanggal 20 November 1946 I Gusti Putu Wisnu bersma teman-teman seperjuangannya di daerah bali gugur dalam peristiwa yang terkenal dengan Perang Puputan Margarana pada peristiwa tersebut sebanyak 96 orang gugur dalam mempertahankan kemerdekaan RI.

 

Dinsos Buleleng berharap nantinya agar masyarakat Buleleng bisa menanamkan nilai - nilai kepahlawanan agar nantinya bisa menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

 

#Dinsos_Hadir

Share Berita Ini :