(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

MONUMEN KHUSUMA MANDALA BHAKTI DESA BESTALA BULELENG

Admin dinsos | 13 Desember 2021 | 284 kali

DINSOS_HADIR

Singaraja 13 Desember- 2021

Kadis Sosial Kab. Buleleng I Putu Kariaman Putra, S. Sos, MM di Wakili oleh Kepala Bidang Perlindungan Jaminan  Sosial Yayan Sutrisna S.Sos Mencari Informasi langsung terkait Sejarah Monumen Perjuangan Rakyat Desa Bestala  diterima langsung oleh Perbekel Desa Bestala Bambang Erawan  yang juga sebagai cucu pejuang, Wayan Padma selaku anak dari pejuang   yang Gugur di medan pertempuran.

 

 

Sejarah Singkat Monumen  Khusuma Mandala Bhakti Desa Bestala.

Diresmikan pada tanggal 20 Mei 1989 oleh Bupati Buleleng pada saat itu Drs. I Ketut Ginantra.

4 Pahlawan yang Gugur pada saat pertempuran di Desa Bestala melawan tentara Nica yaitu:

1. Made Anila Gugur pada Tahun 1946

2. Ketut Mudana Gugur pada tahun 1946

3. Putu Sedan Gugur pada tahun 1947

4. Made Cana Gugur pada tahun 1948

dan juga di nisankan di Taman Makam Pahlawan Curastana Buleleng.

Di bangunnya Monumen Khusuma Mandala Bhakti bertujuan untuk mengenang / memperingati perjuangan rakyat Desa Bestala yang pada masa itu sangat gigih dan berani menghadang pasukan Nica yang mengepung Desa. Desa Bestala merupakan markas basis Desa perjuangan yang membuat tentara Nica menyerbu Desa bertujuan agar masyarakat mau tunduk oleh Belanda, namun dari Desa tetangga seperti Desa Mayong, Desa Gunung Sari, dan Desa Banyuseri bersatu menghadang pasukan Nica yang ingin menyerbu Desa Bestala. Pejuang- pejuang melemparkan granat  kepada kerumunan pasukan musuh namun apadaya granat yang akan dilemparkan mengalami masalah dan akhirnya pasukan musuh mengetahui dan menembak pejuang yang menghadang, pertempuran yang cukup sengit dan cukup lama terjadi menewaskan pasukan musuh dan Made Anila dan kawan-kawan pejuang Gugur di medan pertempuran.

 

Dinsos Buleleng berharap nantinya agar masyarakat Buleleng bisa menanamkan nilai - nilai kepahlawanan agar nantinya bisa menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

 

#Dinsos_Hadir