(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

Bhuwana Kertha

Admin dinsos | 30 Juli 2013 | 1721 kali

Sejarah Singkat Bhuwana Kerta :

Monument ini dibangun pada tanggal 1966, yang dikerjakan secara massal dengan cara Gotong Royong oleh Masyarakat. Tenaga Gotong Royong oleh masyarakat ini dilaksanakan sampai tanggal 28 Januari 1968 dengan jumlah orang 25.947 Orang terdiri dari Pelajar - pelajar SD, SLTP, SLTA, Mahasiswa dan masyarakat dari berbagai golongan dan aliran.

Monumen ini dibuat sebagai bentuk penghormatan pemerintah kepada para pejuang yang telah gugur di medan perang, sebagai tanda terima kasih telah berjuang demi kemerdekaan negara kita. Maka makna Monumen Bhuana Kertha adalah peringatan atau mengenang revolusi 17 agustus 1945. Monumen berasal dari bahasa inggris yaitu MONUMENT yang artinya TUGU PERINGATAN REVOLUSI 17 AGUSTUS 1945. Motif membangun Monumen Bhuwana adalah Cita - Cita Luhur Revolusi 17 Agustus 1945.

Jika dalam bahasa Sangsekerta dari kata BHU berarti Menjadi, BHUWANA  ( dalam hal ini dijadikan oleh tuhan ) Bhuana dalam bahasa Indonesia berarti Dunia, yang memiliki arti luas berarti Bumi dan Segenap isinya, dalam bahasa inggris " EARTH ".Sedangkan KERTHA yang berarti " KRT " berarti Berbuat. Perubahan menjadi Kerta berarti Tertib, Aman Damai. Maka BHUWANA KERTA artinya Dunia yang Damai.