(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT DESA BEBETIN.

Admin dinsos | 25 April 2022 | 73 kali

MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT DESA BEBETIN.

DINSOS_HADIR

Singaraja 25 April- 2022

Kadis Sosial Kab. Buleleng I Putu Kariaman Putra, S. Sos, MM di Wakili oleh Kepala Bidang Perlindungan Jaminan  Sosial Yayan Sutrisna S.Sos Mencari Informasi langsung terkait Sejarah Monumen Perjuangan Rakyat Desa Bebetin  diterima langsung oleh Perbekel Desa Bebetin Gede Susanta  dan  I Made Sukarta sebagai anak pejuang yang pernah menjabat kepala Desa, dan Made Segara tokoh Masyarakat Desa Bebetin.

Sejarah Singkat Perjuangan Rakyat Desa Bebetin.

Monumen perjuangan rakyat desa bebetin kecamatan sawan, monumen yang berada di jantung desa bebetin merupakan bukti sejarah perjuangan rakyat para pemuda yang tergabung di beberapa desa ikut berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan, dimana pada jaman itu desa bebetin diserang  oleh tentara Nica, dalam tugu perjuangan yang ada didesa bebetin tercatat 6 tokoh pejuang yang memeprtaruhkan jiwa dan raganya untuk mempertahankan kemerdekaan repuplik indonesia.

Menurut Penuturan Dari tokoh masyarakat yang juga dulunya pernah menjabat sebagai kepala Desa menceritakan bahwa Desa Bebetin adalah merupakn Desa basis perjuangan dan di zaman penjajahan Belanda Gede Koyan dan Made Gita yang juga merupakan orang tua dari I Made Sukarta pernah di tangkap kemudian di siksa di Desa Sudaji oleh tentara Nica. 

Para pemuda pejuang menyingkir di desa Sekumpul untuk berlindung dari serangan Belanda yang pada saat itu mengejar atau memburu keberadaan dari tokoh pemuda pejuang yang kini tercatat dalam monumen yang berada di Desa Bebetin di antaranya: 

1. Bapa Sueca

2. Nyoman Sedana

3. Ida Bagus Toya

4. Gede Wetan 

5. Cening Juwita

6. Bapa Tabanan


Dinsos Buleleng berharap nantinya agar masyarakat Buleleng bisa menanamkan nilai - nilai kepahlawanan agar nantinya bisa menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

#Dinsos_Hadir