(0362) 21248 dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial
BIOGRAFI PAHLAWAN NASIONAL MR. I GUSTI KETUT PUDJA
Admin dinsos | 21 Juni 2021 | Dibaca 81 kali

#DINSOS_HADIR

Singaraja 4 juni 2021

Kadis Sosial Kab. Buleleng I Putu Kariaman Putra, S. Sos, MM di Wakili oleh Ida Ayu Ketut Suryatini Kasi Kepahlawanan ,Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial Mencari Informasi langsung terkait Biografi Pahlawan Nasional MR. IGusti Ktut Pudja di kediaman keluarga beliau bertempat di Kel.Paket Agung

 

Dinsos Buleleng mendatangi langsung pihak keluarga dari Pahlawan Nasional MR. I Gusti Ktut Pudja terkait infomasi dan mencari kebenaran dari biografi MR. IGusti Ktut Pudja.

 

Lahir pada tgl. 19 Mei 1908 di Sukasada Singaraja,  I Gusti Ngurah Ktut Wibawa Budidarma selaku cucu dari  I Gusti Ktut Pudja mengutarakan Nama beliau MR nama depan adalah gelar dalam bahasa belanda adalah Master Of Rekhten sama dengan gelar bahasa indonesia ialah Sarjana Hukum. Beliau menjadi anggota PPKI Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia beliau  sangat berperan dalam perumusan dasar Negar Indonesia Merdeka terutama perubahan pembukaan undang -undang 45 atas  rahmat allah yang maha kuasa menjadi atas berkat tuhan yang maha esa, Menjadi kepala keuangan Indonesia beliau mendapat gelar Pahlawan Nasiona pada zaman Kepresidenan Bapak SBY pelajaran pada Hollands Inlandsche School (HIS) Pada tahun 1922 di Pabean /Singaraja. Menamatkan pelajaran sekolah MULO tahun 1926 di Malang, Pada akhir  Bulan Agustus 1945 selaku Gubernur Sunda Kecil beliau mengadakan persiapan - persiapan seperlunya dalam rangka pengambil alihan administrasi pemerintahan dari tangan pemerintah jepang disamping itu juga melakukan anjangsana ke seluruh bali untuk menyampaikan secara resmi kepada raja-raja perihal proklamasi yg telah di umumkan keseluruh dunia. Sejak tahun 1968 beliau menjalani masa pensiun,kemudian ditunjuk menjadi anggota pengawas keuangan negara. disamping itu beliau menjabat sebagai komisaris pembina pada asuransi jiwa bersama bumi putra 1912 hingga saat meninggalnya di rumah sakit cipto mangunkusumo jakarta pada hari rabu,tanggal 4 Mei 1977 dalam usia 69 tahun.

 

Dinsos Buleleng berharap nantinya agar masyarakat bisa menanamkan nilai - nilai kepahlawanan agar nantinya bisa menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

 

#Dinsos_Hadir

Share Berita Ini :