(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

TUGU PERINGATAN PENEMBAKAN BELANDA NICA KAPTEN VRANKEN di TEGAL AMBEN BANJAR ASEM SERIRIT

Admin dinsos | 27 Desember 2021 | 298 kali

DINSOS_HADIR

 

Singaraja 20- Desember- 2021

Kadis Sosial Kab. Buleleng I Putu Kariaman Putra, S. Sos, MM di Wakili oleh Kepala Bidang Perlindungan Jaminan  Sosial Yayan Sutrisna S.Sos Mencari Informasi langsung terkait Sejarah Tugu  Perjuangan Rakyat Desa Banjar Asem  diterima langsung oleh Putu Arta Wiadnyana Kelian Banjar Dinas  Desa Banjar Asem , Ketut Badung selaku anak dari pejuang dan juga sebagai Perbekel pada waktu terjadinya penghadangan tentara Nica.


Sejarah Singkat Tugu  Perjuangan  Rakyat Desa Banjar Asem Seririt.

 Tugu Perjuangn Rakyat Banjar Asem didirikan pada Tahun 1971 yang bertujuan untuk memperingati dan mengenang sejarah pejuangan,

Pada tahun 1947 setelah indonesia merdeka Tentara Nica yang ingin menguasai kembali Buleleng   pergi ke barat dari arah seririt menuju ke Kec. Gerogak lalu di hadang oleh pasukan pejuang dari pemuda2 Desa Banjar Asem di Tegal Lamben, Sanusi

pimpinan gerakan penghadangan tentara Nica  yang berasal dari Desa Patas dan ikuti oleh Wayan Rentog yang berasal dari Desa Pangkung Paruk  melemparkan granat ke rombongan tentara Nica  dan mengakibatkan tewasnya tentara Nica pada saat itu, dan di buatkan Tugu peringatan Perjuangan dan menjadi bukti sejarah yang ada di Desa Banjar Asem.

Dinsos Buleleng berharap nantinya agar masyarakat Buleleng bisa menanamkan nilai - nilai kepahlawanan agar nantinya bisa menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

#Dinsos_Hadir