(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

Kementerian Sosial– MicroSave Indonesia Sepakati Nota Kesepahaman Penguatan Keuangan Inklusif Bantuan Sosial

Admin dinsos | 05 Juli 2017 | 1253 kali

Sekretaris Jenderal, Harry Z Soeratin bertindak atas nama Kementerian Sosial dan Direktur MicroSave Indonesia, Grace Retnowati, disaksikan Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, menandatangani Nota Kesepahaman guna mendukung peningkatan kapasitas dan dukungan Kebijakan Keuangan Inklusif dalam program bantuan sosial, Selasa (4/7) di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial.

Langkah ini ditempuh untuk mempercepat program-program penanganan kemiskinan yang dilakukan Kementerian Sosial. Sebagaimana diketahui saat ini Kementerian Sosial sedang mengembangkan berbagai program inovasi penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat yang berhak secara non tunai. Hal ini dimaksudkan agar bantuan sosial dapat tersalurkan dengan sistematis, terarah dan tepat sasaran

Ruang lingkup Nota Kesepahaman meliputi studi banding terkait keuangan inklusif dan digitalisasi bantuan sosial, workshop/seminar, penyusunan Standar dan Prosedur Keuangan Inklusif Bantuan Sosial, penyiapan strategi komunikasi/ sosialisasi serta mekanisme penyelesaian keluhan penerima bantuan sosial dan kajian pelaksanaan keuangan inklusif bantuan sosial. Nota kesepahaman ini berlaku dalam jangka waktu 1 tahun hingga April 2018.

MicroSave sendiri adalah  perusahaan konsultan internasional di bidang keuangan inklusif yang saat ini bergerak di lebih dari 50 negara di seluruh dunia. MicroSave Indonesia merupakan mitra kerja dari Bill & Melinda Gates Foundation, sebuah yayasan kemanusian terbesar di dunia. Didirikan Bill Gates yang juga  menjadi pendiri perusahaan software terkemuka dunia, Microsoft, yayasan ini bertujuan mengurangi kemiskinan ekstrem dan memperbaiki sistem kesehatan di seluruh dunia.