(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

MONUMEN PERJUANGAN DESA GOBLEG.

Admin dinsos | 15 November 2021 | 555 kali

DINSOS_HADIR

Singaraja 15- November- 2021

Kadis Sosial Kab. Buleleng I Putu Kariaman Putra, S. Sos, MM di Wakili oleh Kepala Bidang Perlindungan Jaminan  Sosial Yayan Sutrisna S.Sos Mencari Informasi langsung terkait Sejarah Monumen Perjuangan Rakyat Gobleg diterima langsung oleh Perbekel Desa Gobleg Komang Semarejaya sekaligus sebagai cucu dari Pahlawan Pejuang I Wayan Dista, Gusti Agung Ngurah Pradnyan dan Wayan Semita tokoh masyarakat Desa.

Sejarah Singakat Monumen Perjuangan Rakyat Desa Gobleg.

Monumen Perjuangan Desa Gobleg di dirikan pada tahun 1996 tujuannya adalah untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa pahlawan Desa Gobleg yang berjuang memperjuangkan kemerdekaan oleh pihak belanda atau Nica.

Kedua pahlawan Desa Gobleg yang di ketahui Gugur dalam pertempuran yaitu I Wayan Dista dan Serma Ketut Nada yang Gugur di tahun 1946 perjuangan ini berkaitan dengan perjuangan Mayor Metra yang berhubungan dengan monumen Selat Gintungan. Rombongan pasukan geriliya Mayor Metra yang di ikuti oleh pejuang dari Desa Gobleg yaitu Wayan Dista dan Ketut Nada di serang oleh pasukan Nica yang mengetahui markas persembunyian dari rombongan Mayor Metra, pada akhirnya bapak Mayor Metra Beserta para pejuang lainnya dan pejuang dari Desa Gobleg Gugur di Selat Gintungan.

Dinsos Buleleng berharap nantinya agar masyarakat Buleleng bisa menanamkan nilai - nilai kepahlawanan agar nantinya bisa menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

 

#Dinsos_Hadir