(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT DESA TITAB.

Admin dinsos | 14 April 2022 | 304 kali

#Dinsos_Hadir

Senin 4- April - 2022

Monumen Perjuangan Desa Titab di bangun pada tanggal  13 -4- 1992 yang bertujuan untuk mengenang kisah eroik  pejuang yang ada di Desa Titab  yang sudah rela berkorban jiwa dan raga demi memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia melawan tentara Belanda atau Nica.

tercatat 2 Pejuang yang Gugur di Desa Angsanasari  bernama:

1. I Belayag

2. I Siana

Sejarah singkat perlawanan Pemuda Pejuang Desa Titab.

Melalui penuturan pelaku sejarah yaitu tokoh masyarakat dan Veteran Desa bahwa pada waktu jaman penjajahan Belanda 1946 di Desa Titab ada beberapa orang yang ikut memperjuangkan kemerdekaan tepatnya di Banjar Dinas Angsanasari terjadi kontak senjata antara tentara Nica dan pemuda pejuang desa.

Pada waktu itu pemuda pejuang yang berasal dari Desa Titab sedang melakukan perjalanan  ke Banjar Munggi yang bertujuan untuk  menghadang beberapa pasukan Belanda  yang datang dari arah Busungbiu mau datang ke Desa Titab lalu kemudian  pemuda melakukan penembakan dengan menggunakan senjata api  dan di persenjatai bambu runcing di karenakan senjata milik pemuda macet atau tidak bisa untuk di gunakan para pemuda pejuang itu lalu mundur menuju tempat penghadangan di Banjar Angsanasari.

Disana terjadi kontak senjata antara pemuda dengan tentara Nica disana gugur 2 pemuda tertembak oleh tentara Nica dari Desa Titab  atas perjuangan yang di lakukan oleh dua pemuda yang gagah berani melawan tentara Belanda akhirnya atas jasa - jasa para pejuang pemerintah Desa dengan anggota Veteran membangun sebuah monumen yang ada di Desa Titab.

Dinsos Buleleng berharap nantinya agar masyarakat Buleleng bisa menanamkan nilai - nilai kepahlawanan agar nantinya bisa menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

#Dinsos_Hadir