(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT DESA TAMBLANG MONUMEN NYOMAN RUMADA

Admin dinsos | 26 September 2021 | 732 kali

MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT DESA TAMBLANG  MONUMEN NYOMAN RUMADA

#DINSOS_HADIR

 

Singaraja 27- September - 2021

Kadis Sosial Kab. Buleleng I Putu Kariaman Putra, S. Sos, MM di Wakili oleh Ida Ayu Ketut Suryatini Kasi Kepahlawanan ,Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial Mencari Informasi langsung terkait Monumen Nyoman Rumada  Desa tamblang yang di terima langsung oleh   I Made Diarsa, SE Perbekel Desa tamblang.

 

Riwayat Singkat  Perjuangan

Ketika peristiwa itu terjadi, tahun 1945 tepatnya setelah dikumandangkan Proklamasi Kemerdekaan  17 Agustus 1945  Desa Tamblang ikut bangkit terutama pemuda-pemudanya untuk mempertahankan kemerdekaan dengan menyebarkan poster-poster kemerdekan di tengah malam hari tujuannya agar masyarakat yang membaca tidak mengetahui siapa yang memasangnya, kemudian terbentuklah Badan Perjuangan Rakyat di Desa Tamblang.

Kondisi dan situasi semakin hari semakin genting pasukan musuh datang berulang- ulang untuk menyingkirkan kelompok perjuangan Desa Tamblang. 5 orang pemuda pasukan khusus yakni : Swita, Rumada, Serita, Mustika dan Kembang Merta menyadari berapa pentingnya senjata dalam pertempuran, maka program pertamanya ialah " MEREBUT SENJATA DARI TANGAN MUSUH".

Lalu pasukan musuh datang dari arah selatan menuju utara di hadang dengan sebuah pohon untuk menghalangi jalan dari musuh lokasi penghadangan ada di depan Pura Dalem Desa Tamblang yang hanya membawa pedang dan granat, karena tali yang digunakan untuk menghadang belum juga datang pemuda pejuang mrlemparkan granat satu- satunya yang di pegang tetapi granat yaang dilemparkan meledak setelah musuh jauh didepan , dengan aksi itu pasukan Belanda menjadi semakin galak dan mengejar sampai kemarkas yang berada di Tegal Pit dan di tangkap Nyoman Rumada Gugur di medan pertempuran. dibangunlah sebuah Monumen Perjuangan untuk Mengenang Perjuangan Desa Tamblang dan diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2014.

 

Dinsos Buleleng berharap nantinya agar masyarakat Buleleng bisa menanamkan nilai - nilai kepahlawanan agar nantinya bisa menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

 

#Dinsos_Hadir