(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

SEJARAH MONUMENT TUGU BELANDA, DESA TEMUKUS, KEC.BANJAR, KAB.BULELENG

Admin dinsos | 24 Oktober 2021 | 72 kali

Singaraja 25- Oktober- 2021

Kadis Sosial Kab. Buleleng I Putu Kariaman Putra, S. Sos, MM di Wakili oleh Kepala Bidang Perlindungan Jaminan  Sosial Yayan Sutrisna S.Sos Mencari Informasi langsung terkait Monumen atau tugu Belanda yang ada Di Desa Temukus, Kecamatan Banjar diterima langsung oleh Perbekel Drs. I Made Karuna.

Sejarah singkat Monumen atau tugu Belanda yang terletak di selatan Desa Temukus memiliki sejarah panjang dimana Monumen Belanda dibangun untuk memperingati matinya tuan berbintang tujuh yang dikubur dipesisir pantai. Tugu belanda yang ada di Desa Temukus dimana sejarah awalnya tidak terlepas dengan adanya perang Banjar pada tanggal 20 September 1868, dalam perang Banjar tersebut dimana perwira dari pihak Belanda yang pertama Stagman dan De Nijs meninggal dapat dibunuh oleh masyarakat Banjar dalam mempertahankan daerahnya.

Dengan adanya tugu Belanda yang ada di Desa Temukus itu merupakan suatu sejarah jaman Belanda menjajah Indonesia. Monumen atau tugu Belanda di dirikan pada jamannya Bapak Wayan Kantel selaku Perbekel Desa Temukus pada tahun 1988, Desa temekus juga merupakan Benteng pertahanan melawan belanda yang disebut dengan Karang Rupit atau Perang Karang Rupit. Sampai saat ini sebagai bukti atau adanya sejarah perjuangan di Desa Temukus yaitu adanya Pelabuhan dipantai Desa temukus, dan adanya puing atau tonggak bangkai kapal yang saat ini masih ada disekitaran pantai.

Sebagai bukti lainya juga Di areal kantor Desa temukus terdapat tugu atau monumen perjuangan yang menunjukan keberadaan monumen tugu Belanda yang terletak diselatan Desa Temukus.

Perebekele Desa temukus telah membentuk Pokdarwis atau kelompok sadar wisata yang bertujuan untuk menjaga dan merawat tugu atau sejarah-sejarah yang ada di Desa Temukus.

Yang nantinya Generasi muda selalu mengenang dan menghargai jasa-jasa para Pahlwan yang sudah berjuang untuk Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Dinsos Buleleng berharap nantinya agar masyarakat Buleleng bisa menanamkan nilai - nilai kepahlawanan agar nantinya bisa menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

#Dinsos_Hadir