(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

MONUMENT PERJUANGAN AJASMARA, DESA GESING, KEC.BULELENG

Admin dinsos | 22 November 2021 | 9 kali

DINSOS_HADIR

Singaraj???? 22- November- 2021

Kadis Sosial Kab. Buleleng I Putu Kariaman Putra, S. Sos, MM di Wakili oleh Kepala Bidang Perlindungan Jaminan  Sosial Yayan Sutrisna S.Sos Mencari Informasi langsung terkait Sejarah Monumen Perjuangan Rakyat Desa Gesing  diterima langsung oleh Perbekel Desa Gesing Komang Sanjaya sekaligus sebagai cucu dari Pahlawan Pejuang , perangkat Desa Putu Suarya dan Made Wija tokoh masyarakat Desa.

Sejarah Singakat Monumen Anjasmara Perjuangan Rakyat Desa Gesing.

Monumen Perjuangan Desa Gesing di dirikan pada tahun 1980 tujuannya adalah untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa pahlawan Desa Gesing yang berjuang memperjuangkan kemerdekaan oleh pihak belanda atau Nica karena Desa Gesing merupakan basis perjuangan.

Kedua pahlawan Desa Gesing yang di ketahui Gugur dalam pertempuran yaitu 1.Kopral Wayan Pasek

2.Pratu Ketut Ludra

Desa Gesing pada saat itu digunakan tempat persembunyian dari kejaran Belanda oleh pasukan Ciung Wanara yang di pimpin oleh I Gusti Ngurah Rai yang bergrylia menuju ke tanah aron pasukan ciung wanara berjanji pada saat itu jika mereka aman dan tidak di temukan oleh Nica pasukan Belanda akan dibangunnya Monumen Perjuangan.

Anjasmara di pakai nama Monumen ialah nama kelompok musik keroncong yang tenar pada saat itu yang sering menghibur prajurit - prajurit Ciung Wanara.

 

Dinsos Buleleng berharap nantinya agar masyarakat Buleleng bisa menanamkan nilai - nilai kepahlawanan agar nantinya bisa menghargai jasa-jasa para pahlawannya.