(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

PURA PERJUANGAN PURA PUCAK DESA PELAPUAN.

Admin dinsos | 14 April 2022 | 259 kali

#Dinsos_Hadir

Senin  11-April-2022

Melalui penuturan   tokoh masyarakat dan Perbekel Desa bahwa pada waktu jaman penjajahan Belanda 1946 di Desa Pelapuan ada kisah perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dari jajahan Belanda,   tepatnya di Banjar Dinas Bonaagung  antara tentara Nica dan pemuda pejuang desa.

 

Sejarah berdirinya Pura Pucak dibangun oleh para pejuang yang selamat dari jajahan tentara Belanda dan masyarakat Desa Pelapuan bertujuan  untuk mengenang atau mengaturkan rasa bhakti yang berawal dari peletakan 5 batu sebagai simbol pembangunan di areal pos penyingkiran.

Di bangun pada tahun 1947 selesai 1949 kemudian masyarakat mengadakan piodalan atau peresmian pada tanggal 17 Agustus 1950. Keunikan dari Pura Pucak di saat melakukan perayaan /piodalan selalu sebelum melakukan persembahyangan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Nasional lainnya.

Pura pucak Adalah Pura perjuangan di saat kemerdekaan 1945 yang dulunya para penjajah  ingin kembali merebut kemerdekaan Indonesia, para pemuda dan masyarakat di Desa Pelapuan dengan di bantu oleh pejuang dari Desa tetangga melakukan penyingkiran ke daerah Bonaagung yang juga tempat pos bagi para pejuang untuk bergeriliya yang tempat dari pos tersebut tempat paling tinggi di karenakan letak geografis Desa Pura Pucak berada di tempat yang paling tinggi di Desa, para pejuang yang bersembahyang memohon keselamatan dan kemenangan  di kejar-kejar oleh tentara Nica di karenakan masyarakat atau pemuda melakukan perlawanan, para pemuda yang bersembunyi di area tersebut tidak di ketemukan dan terlihat oleh tentara Nica padahal para pejuang ada di dekat mereka yang pada saat itu sedang beristirahat, sekelompok pemuda pejuang akhirnya bisa selamat dari kejaran tentara Nica.

Para pejuang yang selamat dan menjadi perbekel pertama dan kedua Desa Pelapuan :

- I Wayan Mutru

- Made Karya

Dinsos Buleleng berharap nantinya agar masyarakat Buleleng bisa menanamkan nilai - nilai kepahlawanan agar nantinya bisa menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

#Dinsos_Hadir