(0362) 21248
dinsos@bulelengkab.go.id
Dinas Sosial

PERJUANGAN GERILYA PEMUDA DESA NAGASEPEHA DAN MONUMEN PERJUANGAN I WAYAN KANDEL.

Admin dinsos | 18 Oktober 2021 | 56 kali

DINSOS_HADIR

Singaraja 17- Oktober- 2021

Kadis Sosial Kab. Buleleng I Putu Kariaman Putra, S. Sos, MM di Wakili oleh Kepala Bidang Perlindungan Jaminan  Sosial Yayan Sutrisna S.Sos Mencari Informasi langsung terkait Monumen Perjuangan  Desa Nagasepaha diterima langsung oleh Perbekel I Wayan Sumeken S.Sos dan Keluarga dari pejuang.


Sejarah singkat Monumen Perjuangan Desa Nagasepaha Dan Biografi Pejuang I Wayan Kandel.

I Wayan Kandel Adalah orang berpengaruh kuat untuk melindungi desa. Mengambil posisi tetap di rumah tidak ikut menyingkir karena pengaruh dan pendirinanya yang kuat. Ini dimaksudkan untuk menjaga desa dan pemudanya agar tidak mudah di pengaruhi menjadi pemberontak bersama AP. Keyakinan pihak Belanda dan AP terhadap kekuatan pengaruh I Wayan Kandel terhadap pemuda lainnya di Nagesepaha dan sekitarnya memunculkan langkah dan upaya menghilangkan atau membunuh I Wayan Kandel. I Wayan Kandel dianggap sebagai batu sandungan upaya Belanda memberantas dan memberangus pemuda pejuang. Akhirnya pada tanggal 27 November 1947 Belanda dengan senjata lengkap datang ke Desa Nagasepaha menjemput I Wayan Kandel lalu di bawa ke Gintungan ( Tukad di selatan Desa) kemudian di tembak tepat di jantung dada sebelah kiri. Mayat I Wayan Kandel di seret kakinya tangan di tanting seperti membawa bangkai anjing. Di taruh di Balai Banjar dengan alas sehelai tikar ental. Betapa kejinya dan menyakitkannya perlakuan mereka yang membunuh I Wayan Kandel.

27 November kemudian di jadikan hari penting bagi keluarga besar I Wayan Kandel sebagai pahlawan Bali berpangkat Sersan Mayor. Beliau di makamkan di Taman makam Pahlawan Buleleng dan Makam Pahlawan Margarana bersama dengan pahlawan I Ketut Madia.

Dinsos Buleleng berharap nantinya agar masyarakat Buleleng bisa menanamkan nilai - nilai kepahlawanan agar nantinya bisa menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

 

#Dinsos_Hadir